Jumat, 22 November 2013

Tanaman Langka - Rafflesia Arnoldii


Bunga Rafflesia Arnoldii atau yang sering disapa bunga bangkai ini sekarang sudah masuk dalam tanaman langka dunia. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali.
Dr. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga. Bunga ini disebut bunga bangkai karena saat bunga ini sedang mekar, sering mengeluarkan bau busuk untuk menarik lalat dalam proses penyerbukan. Bunga ini banyak tumbuh di Kabupaten Bengkulu Selatan, sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia




Bunga ini memiliki 5 mahkota bunga yang mengelilingi lingkaran tengah seperti mulut gentong. Bunga ini hanya memiliki umur 5-7 hari setelah itu layu dan mati. Ini juga yang menyebabkan kelangkaan bunga ini. Bunga merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Besar sekali bukan?

Dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Patma_raksasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar